Poster: "Langkah Cara Melamar Kerja Secara Online"

Sebelum Anda mulai melamar kerja secara online, penting bagi Anda untuk menyiapkan terlebih dahulu surat lamaran kerja Anda dan mengumpulkan informasi yang Anda perlukan.

Agar bisa melamar kerja secara online dan mengisi aplikasi lowongan kerja, Anda membutuhkan akun email, akses internet, CV terbaru, cover letter (jika diminta), daftar riwayat hidup dan juga jadwal kosong Anda seandainya Anda melamar untuk pekerjaan paruh waktu. Terkadang, sebagai bagian dari proses lamaran kerja, Anda juga diharuskan untuk mengerjakan tes online dan juga memberikan surat rekomendasi.

B

erikut ini adalah langkah-langkah cara melamar kerja secara online yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Daftar Riwayat Hidup

Inilah Langkah-langkah Cara Melamar Kerja Secara Online

1. Siapkan CV Anda

Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan dan mengisi lowongan kerja secara online, Anda harus menyiapkan CV terbaru Anda. Untuk beberapa lowongan pekerjaan, biasanya perusahaan meminta Anda untuk menyertakan cover letter.

Pastikan CV Anda mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja Anda. Simpan CV Anda dengan nama NamaAndaCV.doc, jangan dengan nama umum seperti CV.doc. Hal ini berguna agar HRD bisa dengan mudah mengingat Anda saat sedang memeriksa kembali CV yang masuk. Siapkan juga cover letter yang bisa Anda gunakan dan ubah dengan mudah untuk setiap jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Beberapa situs mengizinkan Anda untuk mengunggah CV dari Microsoft Word di komputer Anda secara langsung. Sebagian lainnya mengharuskan Anda untuk copy paste ke dalam formulir online yang sudah disediakan oleh masing-masing situs.

2. Siapkan Data Pengalaman Kerja Anda

Jangan lupa untuk menyiapkan informasi pengalaman kerja Anda. Lowongan kerja online umumnya menginginkan data yang sama dengan lowongan kerja konvensional, yakni data diri dan alamat Anda, latar belakang pendidikan, serta pengalaman kerja. Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya Anda juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan).

3. Pelajari Contoh Format CV yang Baik dan Benar

Anda bisa menggunakan contoh format CV yang ada di Job-like sebagai acuan. Gunakan contoh-contoh CV yang baik dan benar sebagai panduan saat Anda hendak mengisi formulir lowongan kerja secara online.

4. Carilah Lowongan Kerja Secara Online

 Baca Juga: Cara Melamar Kerja Ini Bisa Bikin HRD Terkesan

Ada banyak metode untuk mencari kerja secara online. Di antaranya Anda bisa menggunakan portal kerja lengkap seperti Job-like. Dengan menggunakan Job-like, Anda bisa mencari seluruh pekerjaan dalam satu wadah, sehingga tak perlu bersusah payah mengunjungi website resminya satu-persatu.

Lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang telah Anda buat dan Anda akan menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan spesifikasi Anda secara cepat. Saat Anda mengklik lowongan kerja tersebut, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara melamar, ataupun diarahkan ke situs yang membuka lowongan kerja tersebut.

 

5. Daftar Pekerjaan Secara Langsung di Situs Resminya

Situs resmi perusahaan bisa menjadi sumber informasi lowongan kerja yang baik, terutama jika Anda sudah mengetahui ingin melamar di perusahaan apa. Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya memiliki halaman aplikasi kerja online pada situs resmi mereka. Jika memungkinkan, lamar pekerjaan secara online langsung di situs resmi perusahaan.

 

6. Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?

 

Pikirkanlah hal ini matang-matang sebelum mengajukan lamaran kerja Anda. Terutama saat Anda mengajukan lamaran kerja paruh waktu, Anda harus mengetahui hari apa dan jam berapa Anda mampu bekerja https://slides.com/daftarriwayathidup. Ketahui jadwal Anda terlebih dahulu sebelum memasukkan lamaran kerja Anda.

 

7. Kata Kunci Saat Mencari Kerja

Saat mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi Anda, gunakan kata kunci pekerjaan di bidang yang Anda inginkan. Memasukkan kata kunci bisa lebih efektif dibandingkan menggunakan pilihan rekomendasi pekerjaan yang telah disediakan di website portal kerja.

Buatlah daftar kata kunci pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda, lokasi kerja yang Anda inginkan, posisi pekerjaan, industri, dan sebagainya.

8. Ikuti Instruksi Lowongan Kerja

Penting bagi Anda untuk mengikuti instruksi yang terdapat di dalam informasi lowongan kerja online. Kemungkinan Anda akan diminta untuk mengisi profil, mengunggah CV dan cover letter, serta mengambil tes online.

Terlepas dari cara Anda melamar, Anda harus memperhatikan instruksi yang diberikan dari perusahaan di tiap lowongan kerja. Pastikan Anda telah menyiapkan segala persyaratan yang diminta dan baca kembali CV Anda sebelum Anda kirimkan.

 

9. Follow-Up Perkembangan Lamaran Kerja Anda

 

Cukup sulit untuk mem-follow-up perkembangan lamaran kerja secara online. Tapi jika Anda memiliki orang dalam di dalam perusahaan, mereka bisa membantu Anda agar lamaran Anda dilirik HRD.

Jangan hanya duduk manis menunggu respon dari perusahaan. Anda bisa mulai memeriksa akun LinkedIn Anda. Siapa tahu, salah satu karyawan di perusahaan tersebut merupakan sahabat lama Anda.

 

10. Melamar Kerja via  Email

 

Selain melalui portal lowongan kerja, Anda juga bisa mengajukan lamaran kerja melalui email. Umumnya, perusahaan kecil masih menggunakan sistem ini. Pelajari juga cara membuat surat lamaran kerja via email.

 

11. Cari Tahu Referensi Gaji Perusahaan

 

Setelah Anda menyiapkan CV dan melamar pekerjaan online, tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui standar gaji posisi yang Anda lamar. Hal ini bertujuan agar ketika Anda menghadapi wawancara kerja dan ditanya seputar gaji yang diinginkan, Anda telah tahu kira-kira berapa rentang gaji yang layak untuk posisi tersebut. Untuk mencari tahu gaji perusahaan, Anda bisa menggunakan situs Job-like sebagai acuan.

Itulah 11 langkah-langkah cara melamar kerja secara online. Pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Disclaimer

This page contains user generated content and does not necessarily reflect the opinions of this website. For more information please refer to our Terms and Conditions. If you would like to report the content of this page as objectionable, please contact us.